Perbandingan Jenis Layar Sentuh Hp Android Terbaru

Perbedaan layar sentuh hp android – Tahukah anda perbedaan jenis layar sentuh hp android yang ada pada setiap smartphone ? Layar merupakan salah satu pemicu daya tarik bagi konsumen ketika akan membeli sebuah ponsel, semakin tinggi spesifikasi pada layar akan menjadi nilai tambah tersendiri. Saat ini para vendor perangkat smartphone khususnya android pun saling bersaing memberikan teknologi layar sentuh yang berkualitas pada perangkatnya.

Keunggulan pada layar dengan tingkat kecerahan tinggi serta warna yang tajam saat ini memang mejadi faktor utama ketika akan memilih sebuah ponsel android. Teknologi layar jenis IPS dan AMOLED merupakan jenis layar terbaru saat ini, akan tetapi masih banyak juga ponsel / tablet yang masih menggunakan layar berjenis TFT. Oleh karena itu taukah anda Perbandingan Jenis Layar TFT, IPS dan AMOLED ?

Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah handphone baru alangkah lebih baiknya anda terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan pada jenis layar yang yang terdapat pada sebuah smartphone. Hal ini memiliki tujuan supaya Anda merasa yakin terhadap produk tersebut tidak sia-sia setelah anda beli nantinya. Pada umumnya, setiap handphone / tablet yang dijual di pasaran biasanya selalu mencantumkan spesifikasi jenis layar yang diusungnya yang mana bertujuan sebagai bentuk promosi bahwa kualitas layar sentuh mereka lebih baik dibandingkan kompetitor ponsel lainnya.



Perbandingan Jenis Layar Sentuh Hp Android Terbaru

Kelebihan dan kekurangan layar sentuh android


Berikut ini merupakan ulasan mengenai beberapa jenis-jenis layar sentuh terbaik serta beberapa kelebihan dan kekurangan dari jenis layar hp / tablet tersebut yang dapat anda gunakan sebagai acuan :

1. Jenis Layar TFT

Layar TFT (Thin Film Transistor) merupakan tipe layar yang menggunakan teknologi LCD berwarna terbaru, dimana hal itu menjadikan layar tipe TFT mampu menciptakan ketajaman layar warba lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. Tipe layar TFT menempatkan transistor pada setiap piksel layar sehingga dapat dinyalakan dan dimatikan secara individual.

Kelebihan Layar TFT
  1. Memiliki ketajaman layar lebih kuat.
  2. Dapat menyajikan warna layar sangat baik.
  3. Layar jenis TFT memiliki harga pembuatan lebih murah jadi smartphone pengguna layar jenis TFT pasti memiliki harga relatif murah.

Kelemahan Layar TFT
  1. Layar jenis ini akan lebih menguras baterai.

2. Jenis Layar IPS

Layar IPS (In Plane Switching) merupakan peningkatan atau penyempurnaan dari layar tipe TFT. Adanya layar IPS LCD yakni untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna serta penglihatan lebih bagus dan lebih luas. Hal ini akan membuat layar tipe IPS LCD tetap terlihat baik meski pengguna melihat dari sudut pandang tidak mendukung.

Kelebihan Layar IPS
  1. Memiliki tingkat keakuratan dan kedalaman layar yang baik.
  2. Layar IPS cocok untuk digunakan potografi, desain grafis dll.
  3. Dapat menyajikan gambar serta warna cukup baik dari berbagai sudut pandang.
  4. Saat penggunaan disiang hari (dibawah sinar matahari) akan terlihat cukup jelas.

Kelemahan Layar IPS
  1. Jenis layar IPS masih termasuk boros dalam penggunaan baterai, untuk mencegahnya kita dapat mengatur pada tampilan pencahayaan dan mengurangi tampilan tersebut.

3. Jenis Layar AMOLED

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan jenis layar yang menggunakan sepasang bagian layar dari TFT tradisional serta jenis layar OLED. Hal ini membuat layar jenis AMOLED memiliki waktu respon jauh lebih cepat. Layar AMOLED mampu menghasilkan tingkat kehitaman layar lebih gelap, warna lebih cerah serta tampilan layar dapat terlihat lebih jelas meski berada di bawah sinar matahari langsung. Layar AMOLED yang ekstra tipis membuat layar tipe ini tidak perlu menggunakan cahaya latar.

Kelebihan Layar AMOLED
  1. Penggunanan layar tipe AMOLED lebih menghemat daya dibandingkan layar tipe TFT maupun IPS.
  2. Memiliki kecepatan respon lebih cepat.
  3. Warna yang dihasilkan jauh lebih cerah.

Kelemahan Layar AMOLED
  1. Kebanyakan smartphone yang sudah menggunakan layar tipe AMOLED adalah smartphone kelas premium.


4. Jenis Layar OLED

Layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) memiliki ukuran layar tipis serta fleksibel. Layar OLED merupakan komonen terdiri dari film tipis berasal dari molekul organic sehingga mampu menciptakan cahaya karena adanya rangkaian listrik. OLED sendiri terbuat dari bahan organik berbasis karbon sehingga dapat memancarkan cahaya ketika dialiri listrik.

Kelebihan Layar OLED
  1. Layar OLED memiliki ukran lebih tipis serta fleksibel.
  2. Lebih ringan serta sudut pandang jauh lebih baik.
  3. Dari segi daya, layar OLED memiliki konsumsi daya lebih rendah.
  4. Memiliki warna, tingkat terang, serta tampilan sudut pandang sangat luas.
  5. Biaya operasional layar OLED relatif murah serta sederhana jika dibandingkan LCD.

Kelemahan Layar OLED
  1. Layar OLED kurang maksimal atau mengalami penurunan kualitas ketika digunakan dibawah pancaran sinar matahari.

5. Jenis Layar Super AMOLED

Layar Super AMOLED sesuai nama yang disandang super, pasti jenis layar ini memiliki keistimewaan lebih daripada layar AMOLED. Jenis layar Super AMOLED diklaim memiliki kemampuan lebih baik saat berada dibawah sinar matahari.

Kelebihan Layar Super AMOLED
  1. Memiliki kemampuan lebih baik saat berada dibawah sinar matahari.
  2. Menampilkan kualitas gambar lebih baik.
  3. Menampilkan tulisan lebih baik daripada AMOLED

Kelemahan Layar Super AMOLED
  1. Hanya terdapat pada smartphone highclass

6. Layar Jenis Super AMOLED Plus

Layar Super AMOLED Plus merupakan jenis layar terbaru saat ini, pertama kali layar Super AMOLED plus digunakan pada smartphone Samsung Galaxy S ll.

Kelebihan Layar Super AMOLED Plus
  1. Untuk jenis layar Super AMOLED Plus memiliki layar lebih cerah serta hemat energi apabila dibandingkan layar Super AMOLED. 
  2. Selain itu layar jenis Super AMOLED Plus mampu menghasilkan gambar lebih tajam serta lebih detai karena memiliki peningkatan jumlah subpiksel.

Macam-macam teknologi layar diatas memang memiliki macam berbeda-beda, begitu juga pada kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh masing-masing tipe layar. Dari spesifikasi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pada saat ini, layar tipe Super AMOLED Plus memiliki kedudukan paling bagus diantara tipe layar lainnya.

Baca juga artikel lainnya :

Demikan artikel kami kali ini yang membahas mengenai Perbandingan Jenis Layar Sentuh Hp Android beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadikan sebuah inspirasi bagi anda yang hendak memilih sebuah smartphone maupun pablet. Terima kasih ..

0 komentar

Posting Komentar