Cara Memperbaiki Konektor SIM Card Yang Rusak

Kartu sim tidak terbaca pada android - Pernahkah anda mengalami masalah sinyal hp android tidak muncul karena kartu sim hp android tidak terdeteksi ? Masalah sinyal sering hilang memang merupakan masalah yang sering terjadi pada sebuah smartphone android namun tahukah anda penyebab kartu sim card tidak terbaca sehingga mengakibatkan tidak munculnya jaringan pada ponsel yang kita miliki tersebut. Menjadi sebuah gangguan apabila masalah kartu sim tidak segera diatasi karena melihat pentingnya peranan sebuah kartu sim pada perangkat smartphone.

Terlalu sering menganti kartu sim dapat menjadi salah satu penyebab kartu sim hp tidak terbaca walaupun masih banyak faktor yang mempengaruhinya. Selain itu konektor kartu sim yang aus karena terlalu sering menggonta gantinya sim card juga dapat menjadi faktor kartu sim tidak terbaca pada android. Lalu bagaimana cara memperbaiki slot kartu sim yang rusak tersebut ?

Pada pembahasan kali ini, untuk permasalahan kartu sim tidak terbaca di hp android kami memutuskan untuk fokus dalam perbaikan pada bagian slot kartu sim cardnya tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai cara mengatasi konektor sim card rusak sehingga dapat mengatasi masalah munculnya notifikasi “Insert SIM Card”.

Cara Memperbaiki Konektor SIM Card Yang Rusak



cara memperbaiki slot kartu sim yang rusak


Perlu untuk anda ketahui bahwa sebelum kita memperbaiki kartu sim yang tidak bisa terdeteksi tersebut pada perangkat hardware alangkah lebih baik jika kita melakukan pengecekan dan mengatasi masalah tersebut melalui bagian softwarenya terlebih dahulu.

Akan tetapi pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang cara mengatasi kartu sim card tidak terbaca di android yang biasanya muncul notifikasi “Insert SIM Card” yang disebabkan karena Tegangan di konektor SIM hilang.

Berikut cara memperbaiki konektor sim card rusak :


Tegangan di konektor SIM hilang

Cara mengecek tegangan konektor sim pada ponsel android adalah sebagai berikut :

1. Atur AVOMeter pada indikator buzzer.

2. Kemudian hubungkan Testprobe merah (+) pada ground PWB ponsel dan Testprobe hitam (-) pada kaki-kaki konektor SIM. Dalam pemeriksaa tersebut, kaki-kaki konektor SIM harus mengeluarkan nilai resistansi sbb :
  • Kaki 1, 2 dan 6 : toleransi nilai resistansinya harus kurang lebih sama, hal ini dikarenakan kaki-kaki tersebut terhubung langsung dengan emif SIM, yang mempunyai toleransi nilai berkisar 5 ~ 7 point. 
  • Contoh nilai toleransi penyimpangan yang diperbolehkan : kaki 1 = 360, kaki 2 = 365 dan kaki 6 = 361. Jika tidak memenuhi toleransi nilai resistansi, lakukan pengecekan pada jalur emif SIM konektor karena ada kemungkinan jalur emif ke kaki-kaki tersebut terputus atau kemungkinan lain emif SIM bermasalah. Dari contoh tersebut diatas, kaki 1, 2 dan 6 telah memenuhi syarat toleransi nilai resistansi, yaitu berkisar 5 ~ 7 point. Kaki 1 memuat arus SIMdata, kaki 2 SIMclk dan kaki 6 SIMrst.
  • Kaki 3 merupakan sumber tegangan konektor SIM yang nilai resistansinya harus ada. Untuk mengetahui tegagan pada kaki konektor SIM baik atau tidak, lakukan pengetesan tegangan dengan AVOMeter. Setel AVOMeter pada indikator 20 Volt. Kemudian hubungkan Testprobe hitam (-) pada ground PWB ponsel dan Testprobe merah (+) kaki 3 konektor SIM. Kaki 3 konektor SIM harus mempunyai tegangan berkisar 1,8 ~ 3 Volt. Jika nilai tegangan kaki 3 konektor SIM kurang atau tidak ada, maka periksa jalur pada konektor SIM kaki 3 yang mendapat tegangan dari kapasitor dan sumber tegangan tersebut berasal dari IC power .
  • Kaki 4 nilai resistansi bernilai “001” atau AVOmeter akan berbunyi atau dengan kata lain terhubung (ground).
  • Kaki 5 “Not Connected” atau tidak terhubung atau bernilai “1”.

baca juga :
  1. Cara Mengubah Sinyal e menjadi H+ di hp android
  2. Daftar Hp Android 4G Harga Mulai Dari 800 Ribuan

Demikian artikel ini kami sampaikan dengan pembahasan mengenai cara mengatasi kartu sim hp tidak terbaca di handphone maupun tablet android. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

1 komentar: