Penyebab dan Solusi Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Hp android panas sendiri - Perangkat yang cepat panas sudah menjadi suatu karakteristik smartphone android jadi bukan rahasia lagi jika hp android cepat panas, lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab dari Android itu cepat panas ? "Kinerja Berlebihan" merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab hp panas dan boros baterai karena membuat perangkat Android bekerja keras sehingga menimbulkan suhu panas pada handphone android, hal itu dikarenakan oleh pemakaian aplikasi yang terlalu banyak sehingga menjadikan ponsel Android terus bekerja.

Kinerja baterai pada hp android semakin berkurang dan akan mengakibatkan baterai cepat rusak itu dikarenakan smartphone android yang cepat panas dan dapat menguras daya baterai lebih cepat dari pada biasanya sehingga membuat kita tidak nyaman menggunakannya. Faktor hp cepat panas dan baterai cepat habis sebenarnya sama dengan penyebab baterai laptop cepat habis, yaitu karena umur pakai baterai yang sudah lama atau terlalu berat menjalankan suatu aplikasi sehingga memaksa CPU untuk bekerja lebih extra dari pada biasanya.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang menjadi penyebab sebuah ponsel android mengalami suhu yang cukup tinggi diatas suhu normal biasanya, terlebih lagi ketika kita gunakan untuk bermain game HD ataupun handphone android habis digunakan berlama-lama. Oleh karena itu kami akan mencoba berbagi tip mengenai penyebab serta cara mengatasi hp android cepat panas yang juga banyak dialami para pengguna hp / tablet android.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Hp Android Cepat Panas


cara mengatasi hp cepat panas dan batre cepat habis


Berikut ini merupakan cara mengatasi hp / tablet android yang cepat panas dan baterai cepat habis beserta penyebabnya :

1. Lemahnya Jaringan Internet


Sebuah ponsel yang dibekali dengan jaringan internet akan selalu berusaha terkoneksi dengan jaringan yang tersedia, bila di suatu tempat jaringan yang digunakan sangat lemah, ponsel tersebut akan beroprasi lebih keras dalam mencari jaringan internet sehingga ponsel tersebut akan cepat panas dan pada ahirnya baterai akan cepat terkuras. Salah satu faktor penyebab sebuah Ponsel Pintar yang sangat umum dialami oleh banyak pengguna saat ini ialah lemahnya jaringan internet yang dimiliki oleh operator seluler di area tertentu misalnya seperti di gunung atau di dalam hutan, sehingga membuat ponsel yang dalam keadaan tersebut mencari jaringan secara terus menerus.

Solusinya :
  • Jika anda kebetulan mengalami hal seperti diatas, alangkah baiknya Anda mematikan jaringan data terlebih dahulu sementara waktu sampai Anda berada di tempat yang benar-benar ideal untuk mendapatkan jaringan internet dengan kuat. Dengan cara ini suhu ponsel Anda akan terjaga dan kapasitas daya baterai tetap normal.

2. Suhu Sekitar Sedang Tinggi


Saat sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil atau kendaraan lain di siang hari, apalagi melalui jalan tol yang notabene minim sekali tempat yang redup, suhu sekitar akan terasa sangat panas sehingga membuat seseorang menjadi gerah dan berkeringat. Begitu juga dengan yang dialami oleh ponsel, namun bedanya ponsel cenderung akan mengalami peningkatan suhu melebihi normal sehingga baterai akan cepat terkuras.

Solusinya : 
  • Apabila Anda sedang dalam situasi tersebut, alangkah baiknya bila ponsel yang Anda bawa di simpan di tempat yang memiliki suhu sedang atau di simpan di tempat yang sejuk. Bila tidak tersedia, demi kebaikan dan keselamatan bisa dimatikan supaya tidak terjadi pemborosan daya baterai atau bahkan hal yang tidak di inginkan mengingat sekarang ini banyak sekali kasus sebuah ponsel terbakar karena berada di tempat yang memiliki suhu tinggi.

dapat anda baca juga :
Harga Laptop Murah Dibawah 2 Jutaan Tahun 2016
Harga Laptop Murah Dibawah 3 Jutaan Terbaik

3. Banyak Aplikasi yang Berjalan Di Latar Belakang


Tanpa disadari banyak sekali aplikasi yang menumpuk di latar belakang sehingga membuat kinerja hp menjadi sangat berat dan pada ahirnya hp cepat panas dan baterai cepat habis. Banyak pengguna ponsel pintar saat ini setelah menjalankan banyak aplikasi seperti membuka aplikasi browser disertai dengan mendengarkan musik, belum lagi tiba-tiba ada notivikasi dari sosial media kemudian secara spontan membuka aplikasi tersebut, selang beberapa waktu tiba-tiba ada sms masuk kemudian tanpa menutup aplikasi sebelumnya langsung saja membaca sms disertai dengan membalas sms tersebut.

Solusinya : 
Sebaiknya Anda melakukan clear history aplikasi terlebih dahulu sebelum Anda mengantongi ponsel untuk melanjutkan aktivitas, sehingga saat dalam keadaan stand-by ponsel Anda tidak menyimpan aplikasi di latar belakang terlalu banyak. Sebelum Anda membuka aplikasi baru, pastikan dulu ponsel yang Anda gunakan memadai untuk melakukan multitasking sebanyak yang Anda mau, sehingga keadaan ponsel tetap dalam kinerja yang semestinya atau tidak terlalu berat beban aktivitas yang dikerjakan.

4. Download Aplikasi Coller Master Di Playstore


Fitur Cooler Master:
  1. Mampu deteksi aplikasi overheating : Mendeteksi aplikasi yang overusing CPU yang dapat menyebabkan ponsel overheating.
  2. Real-time monitoring suhu : Monitor suhu log dan telepon secara real time, juga menampilkan kurva perubahan suhu.
    Pencegahan Overheating : Menutup aplikasi yang dapat menyebabkan overheating, sehingga dapat mengurangi dari naiknya suhu perangkat.
  3. Mudah dengan satu kali tap mampu mendinginkan ponsel : Memungkinkan mematikan aplikasi yang overheating yang mampu mendinginkan ponsel.


baca juga :

Demikian penyebab umum yang sering kali terjadi pada banyak orang yang memiliki hp android cepat panas, sehingga dapat mengakibatkan baterai cepat habis. Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda dalam memperbaiki ponsel android Anda agat tetap dalam suhu yang stabil, sekian dan terima kasih . . .

1 komentar:

  1. Panas pada ponsel android sebenarnya prilaku yang normal, apalagi ketika hp tersebut sering sekali digunakan, misalnya sering digunakan untuk main game secara terus menerus tanpa istirahat Pilot Frog

    BalasHapus